Utang Ku Rezeki Ku

Okay..hello again!! Mungkin hmm..bukan mungkin lagi sih tp emang faktannya readers blog gue masih sangat dikit, bisa diitung pake jari. Jadi kali ini, gue masih bakal nulis cerita super pendek. Kenapa gue bilang cerita super pendek? Karena menurut gue cerpen pada umumnya rada kepanjangan. Gue takut kalian yang baca tar bias sakit mata (gue emang perhatian orangnya hahaha). Yaudah, without further bacotan enjoy the story, guys!



“Figooo!!!!! Bangun!!! ini udah jem berapa? Kamu pikir papa kamu itu yang punya sekolah?”, hmm…nyokap gue adalah musuh bebuyutan gue di pagi hari selain jam weker gue yg udh butut tiada tanding itu. Halo! Nama gue Figo, sekolah di SMA yang biasa” aja di Jakarta. Gue punya abang tapi dia udah kerja dan tinggal di Singapore, beda umur kita lumayan 10 taon. Terkadang, gue bingung apakah gue anak yang direncanakan? Atau anak yang kebablasan? Intinya, yang penting gue lahir. Tiap pagi nyokap selalu ngedumel, mungkin kalau gue punya anak nanti gue bakal saranin istri gue buat rekam dumelannya (eh bener ga sih dumelan?) biar tiap pagi tinggal di puter aja tuh record. Daripada capek ngulang dumelan yg sama. Hari ini karena gue udah telat banget jadi……gue ga mandi ke sekolah. Tapi tenang, gue pake parfum kok.
 “Mahhh, parfum Figo abis..gimana dong?”
“Kamu pake ini rap*ka aja nih, itu kan juga mama semprot ke baju kamu sebelom di setrika. Sama aja kan. Makanya kalau mau ke skolah tuh mandi!”, seperti biasa jawaban nyokap gue sama sekali udh ketebak.


“Dihh, Fig..kok lu baunya aneh sih? Bau laundry deket komplek gue”, pertanyaan Vina bikin gue keliatan bego aja, masih pagi juga.
“hehe..iya nih Vin, parfum gue abis jadinya pake rap*ka. Alternatif..hehe temen lu ini efisiennya tanpa batas, bukan?”
“Efisien pale lu..bisa aja ngelessnya. Lu despo banget ya ga ada parfum sampe pake gituan segala? Dih freak bgt sih fig”, Vina terus mencerca gue rupanya.
“Masalahnya…gue ga mandi Vin tadi pagi, bukan males tapi ga sempet”, gue juga ga mau kalah, ini harga diri gue sebagai lelaki. Walaupun gue ga nganggep Vina cewek banget sih.
“Hah??!! Lagi Fig? Ga mandi lagi lu gila yah..ini udh hari ke3 lu ga mandi. Lu sih bukannya ga sempet emang males aja bangunnya”. Argumen wanita emang tak terbantahkan. Yasudah lah, gue nyerah sebagai lelaki dewasa.


Akhirnya waktu istirahat udah tiba, karena buru” ke sekolah gue lupa bawa dompet.
“Bang, sy mau bakso dong ga pake mie tapi….”
“Ngutang lagi kan? Figo..figo..kamu kapan sih bayarnya? Lebiih baik kamu ngomong ke mama kamu, investasi ke saya aja sejuta. Tar kamu boleh deh makan bakso, kalau investasinya udh mau abis kamu invest lagi aja”.
“Buset bang maennya invest, canggih amet. Abang belajar bikin bakso di Uzbekistan ya? Mungkin bulan depan abang udh nyiapin mesin credit card lagi”.
Bakso abang mamat tuh enak banget, selain satu”nya yang jualan bakso di sekolah gue, beliau juga satu”nya abang yang dengan lapang dada selalu ngizinin gue utang.hehehe…
“Woyy! Fig ngelamun aje lo macem kambing di tinggal kawin”
“Eh lu ger, emang kambing kalo di tinggal kawin ngelamun? Dari mana aja lu kok baru muncul?”. Temen gue ini namanya Geri, tipekal anak sekolahan yang kalo  naik kelas syukur kalo kagak ya gapapa. Untungnya sih walaupun dia orangnya ga optimis, selama ini dia selalu naik kelas.
“Hmm..ga tau sih Fig mungkin lo bisa nanya Bu Tina, guru biologi kita”, gue tau Geri lagi mencoba mengacaukan fungsi otak gue.
“Enak banget tuh bakso, bagi lah Fig”, senyum Geri sambal mencoba untuk ngerayu gue.
“Enak aja!! Beli gih, gue aja ini ngutang masih mau lo jarah aja makanan gue”, gue juga berusaha mempertahankan kebutuhan pangan gue.
“Wahh kok lu ngutang mulu! Kan kasian bang mamat, dia udah tua kayak gitu. Sewa kios di kantin kan mahal. Wah tega lu Fig”
“Ahh..masa sih mahal? Lu jangan bikin gue merasa bersalah gitu dong Ger”, semoga aja yang Geri bilang ga bener.


Malemnya, entah kenapa gue ngerasa bersalah setelah ngutang ke bang mamat. Apa gue minta duit ke nyokap aja kali ya buat bayar semua utang gue ke bang mamat? Hmm..mungkin sekalian minta sejuta buat investasi, sesuai pencerahan yang bang mamat saranin ke gue tadi..heheh.
“Mah, bagi duit dong 1,5jt buat bayar utang bakso ke bang mamat”, gue mencoba memasang tampang lugu siap di bunuh nyokap.
“Heh? Ga salah utang bakso 1,5 jt. Kamu selama ini traktir temen” kamu ya di sekolah? Kamu acting jadi raja minyak Fig? Duhhh..”
Setelah gue ceritain apa yang sebenernya terjadi, nyokap akhirnya ngasih gue duit walaupun cuma sejuta bukannya 1,5. Lumayanlah gue bisa invest 500ribu. Investasi jangka sedang…


Besokannya gue engga nemu bang mamat. Jadinya anak” di sekolahan gue pada makan indomie di warung bu endang. Setelah berhari-hari bang mamat ga masuk juga, eh jualan..doi kan bukan murid hehe.. Seminggu kemudian, gue dapet kabar bang mamat sakit, gue pikir ah mungkin sakit biasa.
“Wehh, tau ga bang mamat katanya sakit parah! Yakali udh ga ada yang jualan bakso di kantin”, gue lagi nguping obrolan adek kelas. Kenapa mereka lebih up to date? Duhh..kenapa gue jadi salfok? Harusnya kan gue mikirin bang mamat. Perasaan gue jd ga enak, apalgi gue belom bayar utang.

Gue mutusin cari alamat dan akhirnya ke rumah bang mamat ditemenin sm Geri. Gue kaget banget ngeliat keadaan rumah bang mamat, berantakan dan engga terawatt. Sepi banget. “Bang, sakit apa? Tinggal sendirian aja, istri sm anak”nya kemana?”, Geri mulai beralih profesi jadi wartawan.
“hmm.. gimana ya dek. Kata dokter abang sakit tumor. Abang juga ga punya istri dan anak, jadi sekarang udah ga bisa jualan lagi. Maaf ya”, air mata bang mamat udah mulai terlihat menggenang.
“Lohh, terus pengobatannya gimana bang?”, gue makin penasaran dan prihatin.
“Abang duitnya ga cukup dek, yah mau gimana lagi”.
“Bang, sy ada sedikit uang 500rb untuk bayar utang sy selama ini. Sisanya emang ga seberapa tapi mungkin bisa bantuin biaya pengobatan”, gue ga pernah jadi selembut ini ngomong ke bang mamat. Tapi beneran, gue peduli dan prihatin sama beliau. Mungkin semua anak di sekolah gue.


Besokkannya, gue menyebarluaskan tentang kabar kesehatan bang mamat dan Geri inisiatif buat ngadain pengumpulan dana. Alhasil, duit yang kekumpul banyak banget dan cukup buat biaya pengobatan bang mamat. 2 bulan kemudian kita ketemu bang mamat udh balik jualan di sekolah dengan kesehatan yang udah sangat membaik. Part yang paling bikin gue seneng adalah…beliau ngasih gue bakso gratis sampe akhirnya nanti gue lulus SMA hehehe…Point ceritanya adalah, bersikap baiklah kepada semua pedagang di kantin kalian. Kalau rezeki gak kemana hahaha…

Comments

Popular Posts